Soal PTS Kelas 2 K13 Revisi Terbaru Semester 1 dan 2

Katulis.com – Segera miliki Soal PTS Kelas 2 K13 Revisi 2019 untuk Semester 1 dan 2 lengkap dengan Kisi-Kisi, Kunci Jawaban dan Pembahasannya sebagai berkas pendukung kegiatan Penilaian Tengah Semester.

Memberikan Soal UTS Kelas 2 K13 Revisi 2019 Semester 1 dan 2 kepada para peserta didik pada kegiatan Penilaian Tengah Semester itu merupakan salah satu upaya Guru dan masih termasuk ke dalam administrasi guru untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sebelum kit amasuk ke bagian inti, izinkan katulis bahas sedikit sebagai ulasan tentang penulisan soal penilaian tengah semester.

Penulisan dan penyusunan soal UTS kelas 2 tidak hanya berisi terkait materi pembelajaran karena seorang guru juga harus mampu melakukan evaluasi dengan soal yang mudah dipahami. Evaluasi dengan soal ini dapat membantu untuk mengukur sejauh mana kemampuan belajar siswa sekaligus kesuksesan pembelajaran yang telah dilakukan. 

Berikut ini ada beberapa tips agar mudah ketika membuat soal yang baik dan benar. 

  1. Langkah Pembuatan Soal

Salah satu hal penting sebelum Anda membuat soal adalah memilih materi yang sesuai dengan yang telah dipelajari. Kemudian Anda bisa menentukan jenis pertanyaan seperti apa yang ingin digunakan misalnya tes objektif atau esai. Setelah itu rancang kisi-kisi soal dari materi yang ingin Anda evaluasi. 

Susunan soal yang sebaiknya dapat mewakili setiap materi secara merata dan siapkan kunci jawabannya agar lebih mudah ketika Anda memberikan nilai. Anda bisa mencocokkan dengan kunci jawaban serta menyesuaikan dengan pedoman pemberian skor agar lebih tepat. 

  • Kaidah Penyusunan Soal

Bentuk soal pilihan ganda merupakan yang paling banyak digunakan karena mampu mencakup materi secara luas. Umumnya soal pilihan ganda juga berisi pertanyaan yang tidak terlalu panjang serta pilihan jawabannya juga tidak terlalu berbelit. Apabila Anda ingin membuat soal pilihan ganda maka rumuskan terlebih dahulu soal secara tegas. Hindari pembuatan soal dengan pernyataan negatif ganda, panjang setiap opsinya juga harus sama serta butir soal tidak boleh bergantung pada jawaban soal sebelumnya. 

Apabila bentuk soal uraian, maka Anda harus menyesuaikan dengan indikator serta kisi-kisi soal gara terhindar dari soal yang dapat menimbulkan penafsiran ganda. Gunakan kata Tanya uraikan, jelaskan, sebutkan dan kata tanya lainnya agar lebih terkesan menuntut. Letakkan petunjuk yang jelas di bagian atas lembar soal sebagai penjelasan cara mengerjakan soal. Kemudian soal juga harus dilengkapi dengan kunci jawaban agar mudah saat penilaian dan memberikan skor. 

  • Syarat Penyusunan Soal

Untuk penyusunan soal yang baik, Anda harus memenuhi syarat penyusunannya terlebih dahulu seperti yang disebutkan dibawah ini.

  1. Soal harus dibuat berdasarkan materi atau konsep yang telah diajarkan.
  2. Pahami kelebihan serta kekurangan dari masing-masing jenis soal.
  3. Pahami bahwa sola yang Anda buat berhubungan langsung dengan proses penilaian sehingga evaluasi yang objektif terhadap kegiatan pembelajaran bisa tercapai. 

Ketika pembuatan soal, Anda tentu harus mengawalinya dengan pemberian materi saat proses belajar mengajar. Nah saat pemberian materilah Anda harus menggunakan cara yang unik dan menarik sehingga siswa mudah menyerap ilmu yang Anda berikan.

Download Soal UTS Kelas 2 Semester I dam II

Pada bagian ini kami persilahkan Bapak/Ibu Guru segera unduh semua file yang kami maksud melalui tautan halaman berikut ini:

Semester I

Semester II

Itulah beberapa penjelasan mengenai langkah penyusunan soal PTS kelas 2 pada sekolah dasar. Anda bisa menyusun sendiri kompetensi dasar dan indikator soal agar lebih mudah ketika membuat soal. Semoga bermanfaat. 

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.