Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A11 Si Murah Nan Elegan

Katulis.com – Halo kalian yang sedang cari info tentang Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A11, sebuah keputusan yang tepat kalian mengklik Katulis.com untuk mencari informasi lengkap  mengenai spesifikasi berserta keunggulan dan kelemahan smartphone yang kalian cari.

Pastinya sebelum membeli produk Samsung galaxy A11 kalian harus tahu dulu tentang apa saja hal – hal yang perlu kalian perhatrikan terkait kondisi secara menyeluruh untuk mencegah penyesalan di kemudian hari karena tidak sesuai  dengan apa yang kalian ekspektasikan sebelum  membeli galaxy A11.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A11

Sebelum kita lebih jauh membahas secara detil mengenai spesifikasi, ada  baiknya jika kita membahas dulu sedikit mengenai sejarah Samsung galaxy A11 yang menjadi pilihan terakhir untuk memilikinya. Galaxy A11 berada di dekat bagian bawah jajaran ponsel Samsung di Amerika Serikat, bersama Galaxy A10e tahun lalu dan Galaxy A01.  Samsung Galaxy A11 resmi dirilis pada Maret 2020.

Perilisan Samsung dilakukan merilis secara diam-diam karena merupakan perangkat entry-level. Smartphone tersebut hadir dalam berbagai warna seperti Hitam, Merah, Biru, dan Putih. Layar tersebut merupakan layar sentuh kapasitif TFT yang memiliki ukuran 6,14 inci. Resolusi layar 720 x 1560 piksel dan memberikan kepadatan 268 PPI. Smartphone ini dikemas dengan opsi RAM 2 GB dan 3 GB sementara penyimpanan internal 32 GB yang memungkinkan Anda untuk menyimpan kenangan  kalian dan kinerja RAM cukup baik untuk meningkatkan efektivitas perangkat.

Kamera belakang smartphone ini terdiri dari tiga kamera: 13 MP (lebar) + 5 MP (ultrawide) + 2 MP (kedalaman) sedangkan di bagian depan terdapat kamera 8 MP untuk pengambilan gambar selfie. Samsung Galaxy A11 ditenagai oleh prosesor Octa-core 1,8 GHz.

Smartphone ini ditenagai dengan baterai Li-Po 4000 mAh yang tidak dapat dilepas + Baterai cepat pengisian 15W. Perangkat ini dilengkapi dengan fitur seperti Bluetooth, GPS, USB 2.0, dan termasuk sensor seperti sidik jari (dipasang di belakang), akselerometer, dan kedekatan.  Ini adalah smartphone yang mumpuni, tetapi tergantung pada fitur apa yang hendak ingin kalian cari, pasti  selalu  ada opsi yang lebih baik di luar sana.

Desain

Desain Samsung Galaxy A11 Si Murah Nan Elegan

A11 jauh lebih kompak dari pendahulunya, berukuran 161,4 x 76,3 x 8 mm, dan berat 177g, 9 gram lebih berat dari A10. Dari segi tampilan, Galaxy A11 terlihat cukup mirip dengan Galaxy A10s. Memiliki bezel sampul tipis yang mengelilingi layar, dengan bezel bawah yang jauh lebih besar. Kedua ponsel memiliki pemindai sidik jari di bagian belakang, dan posisi kamera ada di kiri atas pada kedua ponsel.

Namun, susunan kamera memiliki perbedaan desain terbesar antara A10 dan A11. Meskipun keduanya memiliki kamera yang terdapat dalam oval vertikal kecil, A11 memiliki kamera tambahan (membuat oval tersebut lebih besar secara vertikal), dan posisi flash telah dipindahkan ke kanan sensor kedalaman (kamera paling atas) daripada di bagian bawah yang tampak lonjong.

Selain itu, desain kamera selfie pun berbeda. A10 memiliki takik tetesan air mata, sedangkan A11 memiliki lubang di sudut kiri atas. Selain itu, di A11, setiap tombol fisik ada di sisi kanan, sedangkan di A10s, tombol volume ada di sebelah kiri. A11 hadir dalam empat warna berbeda: hitam, putih, merah, dan biru.

Spesifikasi

Ini yang  biasa lebih banyak dicari oleh para pemburu smartphone dengan idealitas masing – masing, spesifikasi. Samsung Galaxy A11 memiliki layar IPS LCD 6,4 “, dengan resolusi 1560×720 (HD +). Ponsel ini memiliki CPU Octa-core 1.8GHz (nama prosesor saat ini belum dikonfirmasi, meskipun beberapa situs mengatakan Snapdragon 450), dan akan datang dengan penyimpanan 32GB (yang dapat diperluas menggunakan kartu microSD hingga 512GB, dengan total maksimal 544GB) dan 2 atau 3GB RAM. Ponsel ini memiliki baterai 4000 mAh, dan mendukung pengisian cepat 15W. [ 6] Namun, pada Agustus 2020, situs web Toranji menyetujui model SoC dengan perangkat lunak AIDA64. Galaxy A11 menggunakan Qualcomm Snapdragon 450 SoC.

Layar / Display

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A11 Si Murah Nan Elegan

Layar dari Samsung sama mengesankannya seperti biasa, dengan layar Infinity-O 6,4 inci. Layar lebar mengisi bodi ponsel dari ujung ke ujung, memaksimalkan layar ponsel yang ringkas. Kamera depan pas dengan sudut atas layar, tanpa perlu khawatir tentang bezel. Memiliki Kerapatan piksel 268 PPI, sehingga A11 mampu meningkatkan kualitas pengalaman saat menonton.  Jika diurai secara singkat, bisa dilihat seperti ini: Ukuran 6,4 “

  • Resolusi Asli : 1560 x 720
  • Refresh Rate : 60 Hz (pada Max Brightness)
  • Warna Tampilan : 16.0 Juta
  • Rasio Aspek: 19.5: 9
  • Pixel Density : 268 ppi
  • Jenis Panel  : TFT LCD

Kamera

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A11 Si Murah Nan Elegan

Samsung Galaxy A11 hadir dengan tiga kamera belakang dan satu kamera depan, dengan kamera belakang memungkinkan beberapa fotografi dinamis dan mengesankan. Tiga kamera belakang termasuk kamera kedalaman 2MP untuk membantu kalian dalam mengambil gambar fokus langsung, kamera utama 13MP dan kamera ultra lebar 5MP dengan bidang penglihatan 115 derajat. Kamera selfie berukuran 8MP, dengan kemampuan fokus langsung. Kamera belakang juga dilengkapi auto fokus dan 8x zoom.   A11 juga akan memiliki sensor 2.4 untuk info kedalaman. Kamera selfie akan menerima peningkatan hingga 8MP (naik dari 5). Dari atas ke bawah, urutan kameranya adalah sensor kedalaman, utama, ultrawide.

Chipset dan perangkat keras (hardware)

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A11 Si Murah Nan Elegan

Chipset pada A11 menggunakan Samsung Exynos 7 Octa 7904 yang berjalan pada kecepatan 1,8 GHz dan ditemani oleh GPU Mediatek PowerVR 8320. Dengan RAM 3 GB dan kapasitas penyimpanan 32 GB dan ada juga opsi untuk mensupport hingga 512 GB dengan kartu MicroSD yang terpasang.

Berjalan di Android 10 dan berat 177 gram (6,24 ons) Samsung Galaxy A11 membawa spesifikasi pejalan kaki dengan harga murah. Imbalannya adalah meskipun memiliki layar yang lebih besar dari pendahulunya, ia memiliki RAM dan kapasitas penyimpanan yang lebih rendah. Ini adalah ponsel murah dan jika kalian ingin mencari lebih banyak fitur yang sesuai  dengan  ekspektasi kalian, maka kalian harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Namun  meski begitu, kualitas kinerja perangkat pada A11 cukup mendukung aktivitas harian kalian terutama  saat jam – jam padat.

Perangkat Lunak (software)

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A11 Si Murah Nan Elegan

A11 hadir dengan Android 10 di bawah One UI 2. Dilihat dari ponsel Samsung sebelumnya, mungkin akan menerima Android 11 dan 12 saat dirilis, bersama dengan tampilan luar Samsung untuk versi tersebut, tetapi tidak lebih dari itu.

Jaringan dan konektivitas

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A11 Si Murah Nan Elegan
  • Tipe : 2G , 3G , 4G (LTE)
  • 2G : GSM850, GSM900, DCS1800, PCS1900
  • 3G :UMTS B1(2100), B2(1900), B5(850), B8(900)
  • 4G (LTE) : FDD LTE
  • B1(2100), B2(1900), B3(1800), B5(850), B7(2600), B8(900), B20(800), B28(700) TDD LTE
  • B38(2600), B40(2300), B41(2500)
  • Speed : HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps

Kualitas dan Kapasitas Baterai

Kualitas dan Kapasitas Baterai Samsung Galaxy A11

Baterai di Galaxy A11 adalah baterai berkekuatan 4.000 mAh (tipikal) yang sangat tahan lama, di samping pengaturan pengisian cepat 15W. Dengan baterai 4.000 mAh, baterai tersebut akan memiliki daya yang lebih dari cukup untuk menjalani hari dan tersedia pengisi daya cepat 15W sehingga kalian tidak perlu menunggu lama hingga mengeluarkannya dari stopkontak. Selain itu kekuatan  baterai memungkinkan kalian streaming, browsing, dan bermain game.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A11 memungkinkan untuk menghadirkan pengalaman pemakaian yang baik untuk perangkat di levelnya, meski tidak ada hal yang luar biasa jika dibanding tipe Samsung lain. Layar cukup lebar dalam bodi simpel namun masih terkesan elegan yang dapat dimungkinkan berkat desain layar infinity-O yang serupa dengan perangkat premium, menjadi salah satu nilai plus perangkat ini.

Bodi plastik dengan efek pantulan cahaya di sisi belakang juga mendukung kesan mewah. Meski lumayan rentan dengan noda sidik jari, noda tersebut tidak akan terlalu terlihat jika melihat perangkat dari sudut pandang tertentu. Samsung Galaxy A11 merupakan smartphone yang tergolong murah, namun tidak murahan, tapi mungkin kalian memang sebaiknya tidak menaruh ekspektasi tinggi pada smartphone ini, meski daya tahan baterai merupakan satu keunggulan yang  tidak lagi diragukan kualitas ketahanannya.

Keunggulan

  1. Layar Lega dengan Panel PLS TFT
  2. Baterai yang tahan lama
  3. Memiliki Port USB Tipe  – C
  4. Memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 512 GB
  5. Memiliki desain body yang elegan

Kelemahan

  1. Memiliki keterbatasan dari segi memori dan RAM
  2. Kualitas kamera yang kurang bagus ketika minim cahaya
  3. Chipset yang sudah termasuk versi lama
  4. Belum tersedianya lapisan gorilla glass
  5. Konektivitas yang tidak terlalu lengkap

Review Harga

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A11 Si Murah Nan Elegan

Jika dilihat secara keseluruhan berdasarkan apa yang telah dibahas di atas, Samsung Galaxy A11 mematok harga yang tergolong terjangkau dibanding dengan series Samsung lainnya, yaitu berkisar Rp 1.774.000 – Rp  2.015.000 di berbagai toko online. Sangat ekonomis bagi kalian yang memiliki mobilitas kerja padat namun ingin  memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi khususnya pada media penyimpanan dan ketahanan baterai.

Jadi pada intinya sebelum kalian menentukan untuk membeli Samsung Galaxy A11, perhatikan dulu preferensi kalian dalam  menggunakan smartphone, jika kalian membeli Samsung galaxy A11 dengan tujuan untuk  mendapatkan performa gaming yang halus atau istilah lainnya rata kanan, sebaiknya pikirkan kembali karena chipset dan processor yang terdapat di dalamnya tidak mendukung untuk performa gaming seperti game mobile legend ataupun PUBG, namun untuk keperluan live streaming, selfie, dan ketahanan mobilitas keperluan kerja yang padat, sangat direkomendasikan untuk membeli Samsung galaxy A11.

Sekian dulu sedikit ulasan terkait smartphone Samsung galaxy A11 pada artikel kali ini, semoga apa yang sudah tersaji disini bisa sedikit memberikan wawasan dan gambaran terkait merek smartphone yang kalian cari. Jika ada hal yang sekiranya tidak ada dalam ekspektasi kalian dalam ulasan kali ini, silahkan kalian tuliskan di kolom komentar untuk memberi masukan kepada kami sekaligus juga memberikan pengetahuan kepada pembaca lain yang memiliki tujuan yang sama dalam mengunjungi Katulis.com. Terimakasih sudah berkunjung di Katulis.com sebagai referensi ulasan merek smartphone pilihan kalian, mohon maaf apabila ada hal yang kurang berkenan terkait penulisan pada artikel ini,  dan tunggu ulasan –  ulasan  menarik seputar merek smartphone hanya di Katulis.com

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.