30 Tema Pesantren Kilat Ramadhan Selama 30 Hari

Katulis.com – Berikut ini 30 contoh tema pesantren kilat Ramadhan selama 30 hari, terdapat 30 tema yang diberikan kepada peserta sebagai materi selama kegiatan salat berlangsung.

Materi yang kami maksud bisa digunakan sebagai tema pesantren kilat SD, SMP, SMA dan anak-anak. karena pada dasarnya tema harian ini menjadi basic pengetahuan yang harus diketahui oleh semua peserta didik.

Dalam penyelenggaraan acara pesantren kilat untuk SD, SMP, SMA bahkan TK/PAUD sekalipun sudah seharusnya anda sebagai pantia mampu menciptakan kegiatan pesantren kilat yang menarik supaya selama kegiatan SANLAT, supaya semua peserta tidak merasa bosan justru malah menikmati setiap kegiatannya.

Oleh karena itu katulis.com akan berbagi tema kegiatan pesantren kilat secara spesifik supaya kegiatan Sanlat dapat terlaksana dengan lancar dan tetap menyenangkan, karena materi setiap harinya berbeda-beda.


Inilah 30 Tema Acara Pesantren Kilat

Supaya lebih jelas, kami persilahkan anda untuk melihat semua tema yang akan digunakan pada setiap harinya selama kegiatan Sanlat berlangsung sebulan:

Mengenalkan Ramadhan – Hari Ke 1

Mengapa berpuasa? Ceritakan mengenai puasa sebagai salah satu rukun Islam dan latihan untuk membangun kebiasaan baik. Kemudian ajarkan tata cara berpuasa dan apa saja yang membatalkan puasa.

Pentingnya Niat – Hari Ke 2

Melalui pelafalan niat berpuasa, orang tua bisa menyisipkan pelajaran mengenai niat sebagai asas dari setiap amalan.

Ramadhan Di Masa Rasulullah SAW – Hari Ke 3

Ceritakan puasa di masa Rasulullah Saw yang penuh dengan suasana ibadah yang khusyuk yang disertai dengan peningkatan ibadah dibanding hari-hari biasanya.

Keutamaan Makan Sahur – Hari Ke 4

Orang tua dapat menjelaskan hadits tentang keutamaan makan sahur dan manfaatnya untuk kesehatan.

Pentingnya makanan yang baik – Hari Ke 5

Selain mengenalkan sunnah berbuka orang tua juga bisa menjelaskan makanan yang baik dan sehat untuk sahur dan berbuka.

Puasa dalam Perjalanan – Hari Ke 6

Orang tua memberitahu bagaimana hukum berpuasa dalam perjalanan.

Shalat Tarawih – Hari Ke 7

Sambil mengajak anak shalat tarawih, orang tua bisa menceritakan mengenai keutamaan Sunnah ini.

Kisah Perang Badar – Hari Ke 8

Sambil menceritakan sejarah heroik perang Badar, orang tua bisa menanamkan kepada anak bahwa berpuasa tidak membuat kita lemah, melainkan semakin kuat dan produktif

10 Hari Pertama Bulan Ramadhan – Hari Ke 9

Hadits mengenai 10 hari pertama Ramadhan adalah rahmat. Orang tua dapat menyampaikan sifat Allah Swt yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Menahan Amarah – Hari Ke 10

Ajarkan anak bahwa di samping menahan diri untuk tidak makan dan minum, kita juga tidak boleh mengekspresikan kemarahan.

Ramadhan di Penjuru Dunia – Hari Ke 11

Ajak anak menonton video mengenai Ramadhan di berbagai negara, lalu bahas hal yang menarik dari kebiasaan muslim luar negeri dan tantangan yang mereka hadapi.

Bersedekah di Bulan Ramadhan – Hari Ke 12

Orang tua bisa menyampaikan keutamaan sedekah dan kisah bagaimana pemurahnya Rasulullah Saw di bulan Ramadhan.

Menyayangi Anak Yatim – Hari Ke 13

Sambil menceritakan kasih sayang Rasulullah kepada anak yatim, orang tua bisa mengajak anak berkunjung ke panti asuhan lalu bangkitkan perasaan empati anak.

Pentingnya Bersyukur – Hari Ke 14

Ajarkan anak untuk mensyukuri nikmat Allah Swt melalui doa berbuka.

Kejujuran – Hari Ke 15
Beritahu anak bahwa puasa juga melatih kejujuran, di mana saat hanya Allah Swt yang tahu bahwa anak benar-benar berpuasa atau tidak.

Sifat Malu – Hari Ke 16

Ajarkan sifat malu sebagai adab kepada anak untuk tidak makan di depan orang berpuasa.

Nuzulul Qur’an – Hari Ke 17

Ceritakan kisah bagaimana Al-Qur’an diturunkan dan keutamaan membacanya.

Puasa bagi anak – Hari Ke 18

Orang tua bisa menjelaskan konsep usia baligh kepada anak di mana hal tersebut menandakan wajibnya menjalankan syariat termasuk puasa Ramadhan.

10 Hari kedua Ramadhan – Hari Ke 19

Hadits mengenai 10 hari pertama Ramadhan adalah ampunan Allah Swt (magfirah). Dari sini orang tua bisa menjelaskan sifat Allah Swt yang Maha Pengampun.

Shalat Witir – Hari Ke 20

Orang tua dapat menjelaskan tata acara shalat witir dan keutamaannya.

Lailatul Qadr – Hari Ke 21

Orang tua dapat menceritakan keutamaan malam lailatul qadr untuk memotivasi anak agar tetap semangat beribadah di 10 hari terakhir.

10 Hari terakhir Ramadhan 22

Ceritakan kepada anak bahwa di 10 hari terakhir Ramadhan Rasulullah Saw dan para sahabat ra. semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya.

I’tikaf – Hari Ke 23

Ajarkan anak apa itu itikaf, dan bila memungkinkan ajak anak ke masjid untuk membuatnya merasakan pengalaman ber-i’tikaf.

Pintu Ar-rayyan – Hari Ke 24

Orang tua dapat mengapresiasi usaha anak untuk berpuasa dengan menceritakan mengenai hadits “pintu ar-rayyan”.

Persiapan Idul Fitri – Hari Ke 25

Ajarkan anak mengenai keutamaan idul fitri sebagai hari raya ummat Islam. Bangun suasana menyambut idul fitri sejak awal.

Puasa Syawal – Hari Ke 26

Ceritakan kepada anak keutamaan Puasa Syawal. Kenalkan pula macam puasa Sunnah selain puasa wajib Ramadhan.

Sunnah Idul Fitri – Hari Ke 27

Beritahu anak Sunnah-sunnah idul fitri dan buat komitmen untuk menjalankannya bersama.

Pentingnya Silaturahim – Hari Ke 28

Kenalkan anak tradisi bersilaturahim yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Bersedih akan berakhirnya Ramadhan – Hari Ke 29

Bangun kecintaan anak pada bulan Ramadhan sebagai bulan penuh keutamaan, ajak anak untuk berdoa bersama agar bisa disampaikan kembali pada Ramadhan berikutnya.

Refleksi Bersama – Hari Ke 30

Pada malam ‘Id, sempatkan untuk berefleksi bersama anak, sampaikan bahwa orang tua bangga karena anak telah berusaha untuk mengisi bulan Ramadhan dengan aktivitas yang bermanfaat. Tekankan bahwa setelah Ramadhan orang tua dan anak akan tetap berkomitmen membangun kebiasaan baik bersama.

Download Semua Tema

Sebenarnya contoh tema pesantren kilat ini sudah kami bahas pada tulisan sebelumnya, lebih tepatnya yaitu pada artikel administrasi pesantren kilat. Jika perlu anda bisa melihatnya langsung pada informasi tersebut. Selain itu, Bapak/Ibu Panitia pun bisa mendapatkan beberapa administrasi pendukung kegiatan SANLAT.

Apabila anda seorang Guru Sekolah menengah Pertama dan membutuhkan tema pesantren kilat SMP, maka gunakan saja materi yang kami bagikan di atasi tadi. Sebab materi tersebut bersifat Global dan umum bisa digunaka nuntuk semua jenjang pendidikan.

Namun andapun bisa juga menjadikan materi tersebut sebagai tambahan untuk materi pokok yang sudah anda miliki sekarang.


Kesimpulan

Jadi pada intinya tema pesantren kilat anak ini bisa kitagunakan untuk berbagai jenjang pendidikan, karena memiliki unsur materi yang sangat dasar. Jika materi tersebut masih terlalu mendasar, maka silahkan anda kembangkan menjadi lebih luas dan kaya akan pengetahuan. Selamat Bekerja!

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.